Laman

Rabu, 17 Februari 2010

Pentingkah Menulis??

Sebuah pertanyaan sederhana yang kupikir pantas sebagai judul postingan awalku ini. Bagi sebagian orang pertanyaan tersebut mungkin sudah sering mereka dengar, dan kupikir mereka pasti sudah mendapatkan jawabannya, walaupun itu subjektif. Tentunya aku tak mau kalah dengan mereka, tepatnya tak boleh kalah.

Aku baru saja memberanikan diri untuk mulai menulis, mencoba untuk bisa menuangkan pikiran dan perasaanku dalam sebuah rangkain huruf dan kata. Agak sulit memang, mungkin juga sudah cukup terlambat, karena orang seumuranku harusnya minimal sudah menghasilkan satu karya, bisa seperti buku catatan harian, cerpen, novel, atau apapun itu. Terkadang aku jadi iri dengan teman-temanku yang sudah menerbitkan karya mereka, baik berupa artikel di koran maupun majalah, cerpen, dan bahkan ada yang sudah menrbitkan buku serta novel fiksi. Begitu luar biasanya mereka. Sekali lagi, aku tak mau kalah. Minimal aku hanya menulis di blog ini saja untuk konsumsi pribadi atau siapa saja yang berkenan membaca tulisan-tulisanku ini. InsyaAllah suatu hari nanti aku akan mengikuti jejak mereka yang sudah menelurkan karyanya dalam sebuah buku, sehingga dapat dinikmati banyak orang.

Ada yang berpendapat bahwa menulis adalah salah satu bukti eksistensi diri. Bahkan mungkin sebagai ajang bernarsis ria serta membanggakan diri. Sebuah tulisan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan kritik dan masukan bagi para pelaku kesalahan. Tulisan juga bisa dijadikan sebagai jalan untuk mengutarakan rasa cinta pada seseorang, pada suatu hal, pada suatu kejadian. Inilah yang banyak dilakukan orang-orang dulu, dimana mereka mengungkapkan perasaan cintanya melalui surat yang langsung mereka tulis sendiri.

Bagiku, bisa jadi suatu hari nanti tulisan juga akan menjadi lokomotifku untuk membawa rangkaian perasaan yang terjalin indah dalam hatiku. InsyaAllah. Pokoknya mulai sekarang aku sempatkan sebisa mungkin untuk menulis. Apapun itu.

3 komentar: